Wednesday, May 30, 2018

Tips Jepret Foto Menawan dengan Kamera Biasa

Untuk mendapatkan potret yang unik tanpa kamera dan perangkat yang canggih, diperlukan kemampuan menyaksikan dan mengolah potret yang baik.

Pertama ialah kemampuan menyaksikan cahaya, diantaranya sifat cahaya dan arah cahaya. Kadang subjek yang biasa saja, namun dengan cahaya yang mengharukan dapat menciptakan hasil potret yang memukau.

Contohnya ketika saya berangkat ke suatu kelenteng di Singkawang, saya menyaksikan ada cahaya yang menyinari langsung ornamen naga, sementara latar belakangnya tidak terpapar sinar. Hasil fotonya jadi menarik sebab ada kontras antara subjek dan latar belakangnya.

Pemilihan subjek yang dipotret pun menilai apakah potret yang dipotret unik atau tidak. Contohnya andai kita memotret sampah, sebagus-bagusnya cahaya atau komposisi kita, namun sampah tetap saja sampah. Istilah kerennya Garbage In, garbage out.

Komposisi dan gagasa dalam potret juga paling menilai. Komposisi berarti peletakan subjek, elemen-elemen lain, background agar kesannya teratur/teroganisir.

Jika komposisi tidak diperhatikan, maka potret akan terkesan asal jepret/snapshot. Komposisi yang bagus pun adalah modal guna sebuah potret untuk bercerita.

Contohnya foto inilah ini subjeknya biasa saja, tapi sebab momen dan komposisinya pas, maka potret ini jadi mengisahkan pekerjaan dan lingkungan kegiatan subjek foto.

Foto Menawan

Editing potret juga sangat urgen untuk menyempurnakan hasil potret dari alat potret sekedarnya. Ketajaman, kontras dan distorsi/penyimpangan lensa dapat anda betulkan dan menciptakan kesan foto diciptakan dengan alat potret yang lebih bagus.

Contohnya potret sesaat matahari tenggelam ini sebetulnya warnanya agak kusam, namun dengan editing yang hati-hati dapat menerbitkan warna dan rinci yang lebih baik.

Semua urusan diatas dapat dilatih dan tidak memerlukan peralatan yang terlampau canggih/mahal. Semoga membantu.

0 comments:

Post a Comment