Wednesday, February 26, 2020

Penyebab Kanker Serviks dan Cara Pencegahannya

Ketika sel-sel yang terdapat di leher rahim mulai menunjukkan perkembangan tidak normal dan tanpa terkendali, hal tersebut akan menyebabkan terjadinya kanker leher rahim atau yang sering kita sebut sebagai kanker serviks. Kanker yang satu ini cukup sulit ditangani, mematikan, dan gejala awalnya sulit juga dideteksi. Penyebab kanker serviks yang tidak begitu jelas membuat para wanita pun terkadang dibuat pusing bagaimana cara mencegahnya, dan tindakan seperti apa yang harus dilakukan sedari dini.

Penyebab Kanker Serviks dan Cara Pencegahannya

Apa Penyebab Kanker Leher Rahim?

Penyebab kanker serviks sangatlah tidak pasti. Ada berbagai macam penyebabnya, tetapi yang paling sering terjadi adalah karena infeksi virus HPV atau yang disebut sebagai Human papillomavirus. Meskipun tidak semua kasus disebabkan oleh HPV, tetapi sebagian besar dari kasus yang selama ini ada selalu dinyatakan karena infeksi HPV.

Faktor lainnya adalah karena kebiasaan tertentu seperti merokok, kurang mengonsumsi buah dan sayur, kebiasaan meminum pil KB dalam jangka waktu lama, melahirkan dalam usia muda, atau melahirkan terlalu sering.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh penyakit lainnya seperti autoimun atau pun karena penyakit menular seksual seperti klamidia, HIV, AIDS, dan sejenisnya yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian yang tidak bisa diabaikan adalah karena faktor keturunan, di mana keluarga dengan riwayat kanker serviks sebelumnya akan meningkatkan risiko terserang kanker ini.

Bahkan, usia juga sangat memengaruhi penyebaran kanker serviks. Di mana usia di bawah 15 tahun memiliki risiko lebih rendah daripada wanita yang berusia 40 tahun. Oleh sebab itulah, kanker serviks ini masih menjadi hal yang sulit untuk benar-benar ditangani sejak dini.

Pencegahan Kanker Leher Rahim

Meskipun cukup sulit untuk diketahui karena tidak memiliki gejala, tapi bukan berarti kanker ini tidak bisa dicegah.

Beberapa hal untuk mencegah seseorang terkena kanker serviks bisa dimulai dengan berbicara pada keluarga terdekat. Komunikasi yang baik dengan keluarga atau teman akan memberikan kesadaran pemeriksaan dini sangatlah penting. Dengan begitu, semakin memudahkan Anda untuk pergi ke dokter dan berkonsultasi permasalahan satu ini.

Apabila sampai pada dokter yang kompeten, Anda dapat mengajukan keinginan untuk tes pap smear. Tes satu ini benar-benar merupakan cara terbaik untuk mendeteksi sejak dini adanya gangguan pada leher rahim. Bahkan, usahakan melakukan tes pap smear sejak dini meskipun tidak ada tanda apa pun. Hal ini tentu akan mengurangi risiko dan mencegah seseorang terkena kanker serviks.

Dikarenakan sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh HPV, ada baiknya bagi yang berusia di bawah 26 tahun untuk melakukan vaksin HPV. Vaksinasi dilakukan untuk pencegahan dari HPV 16 dan HPV 18.

Selain itu, lakukan hubungan seks yang aman mulai sekarang. Gunakan pengaman untuk mencegah penyakit kelamin tertentu. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

0 comments:

Post a Comment